Peran Guru dalam Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini Membangun Masa Depan Berkualitas

  • Dasa Wisra Hidupi STAI Bumi Silampari Lubuklinggau
  • Nailul Padhil Zohro UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu
  • Muhamad Akip STAI Bumi Silampari Lubuklinggau

Abstract

Inovasi dalam pendidikan melibatkan konsep-konsep seperti perubahan, pembaharuan, dan cara kerja baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah peran guru dalam menciptakan inovasi pendidikan anak usia dini dapat berkontribusi dalam membangun masa depan yang berkualitas bagi generasi yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan inovasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sangat ditekankan. Guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, penggerak transformasi, dan elemen kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan berkualitas. Guru berkontribusi dalam menghadirkan inovasi dalam proses pembelajaran melalui pemilihan model pembelajaran yang sesuai, yang memengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Guru memiliki tanggung jawab dalam menghadirkan inovasi dalam pendidikan inklusif, mengurangi penggunaan layar pada anak usia dini, dan menggalakkan aktivitas fisik dalam pendidikan. Peran guru dalam menerapkan inovasi pendidikan sebagai fasilitator, katalisator perubahan, dan penggerak transformasi menunjukkan betapa vitalnya peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dalam masyarakat melalui inovasi pendidikan. Guru memiliki peran dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan dan kepentingan siswa.

Published
2024-11-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)