Kajian Dan Interkoneksi Manajemen Pendidikan Islam Terhadap Poleksosbud Di Indonesia
Abstract
In the backdrop of Indonesia's diverse poleksosbud landscape, the management of Islamic education stands out as a significant factor influencing the nation's fabric. This research was embarked upon with the objective of elucidating the interrelation between Islamic education management and the political, economic, social, and cultural dimensions in Indonesia. A qualitative research approach was chosen, primarily focusing on a literature review to draw insights. The findings revealed that the management of Islamic educational institutions both impacts and is reciprocally influenced by the prevailing poleksosbud conditions. Effective management of these institutions can foster a harmonious integration of these dimensions, thereby contributing to the holistic development of the nation. It's concluded that a balanced appreciation and application of Islamic education management principles are essential for the prosperous and cohesive growth of Indonesian society.
Downloads
References
Damogalad, Winda. 2022. “Dampak Covid-19 Pada Pendapatan Masyarakat Petani Di Kecamatan Lolak Dalam Perspektif Hukum Islam.” Al-’Aqdu: Journal of Islamic Economics Law 2(2): 76.
Diana, Ilvi Nur. 2016. “Pengaruh Budaya K-Pop Terhadap Gaya Hidup Dan Pengetahuan Politik Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS (ICP) FITK UIN Maliki Malang.” https://www.semanticscholar.org/paper/Pengaruh-budaya-K-Pop-terhadap-gaya-hidup-dan-IPS-Diana/0fadf4cce0ee008478fa881d619f8a2fde66a3ae (September 28, 2023).
Efendi, Sofian. 2017. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Indonesia Yang Berkarakter Dan Berkepribadian.” https://www.semanticscholar.org/paper/peran-pendidikan-islam-dalam-membentuk-manusia-yang Efendi/6abe716856c5101150db21d08c4cb978dd03fd74 (September 28, 2023).
Eryanto, Henry. 2013. “Pengaruh Faktor Poleksosbud Terhadap Pendidikan Dan Peranan Pendidikan Dalam Membangun Poleksosbud.” Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis 1(2). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb/article/view/2005 (September 28, 2023).
Hanifah, Febriana Nurul. 2018. “Penerapan Pemisahan Kelas Antara Siswa Putra Dan Putri Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Di MTS Surya Buana Malang.” https://www.semanticscholar.org/paper/Penerapan-pemisahan-kelas-antara-siswa-putra-dan-di-Hanifah/f57757a90cb1e5db6b3454cd2fb0a250f51b8041 (September 28, 2023).
Karimullah, Suud Sarim. 2022. “Urgensi Transformasi Keilmuan Berbasis Paradigma Integrasi-Interkoneksi Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 9(1): 97–112.
Kemas Imron Rosadi and Armawati. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam: Sistem Pendanaan.” https://dinastirev.org/JIMT/article/view/432 (December 19, 2022).
Khoeriyah, Yayah, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. 2022. “Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi Dan Relevansinya Dalam Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(7): 2523–32.
Latifah, Yuliana. 2017. “Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMP Negeri 3 Sentolo, Bahasa Jawa.” https://www.semanticscholar.org/paper/Praktik-Lapangan-Terbimbing-(PLT)%2C-SMP-Negeri-3-Latifah/0a74dfe2926da3fca1d3dcd93f074f35cc8dab0b (September 28, 2023).
M. Amin Abdullah, dkk. 2016. Vol. 1 Implementasi Pendekatan Integratif-Interkonektif dalam Kajian Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20032/ (September 28, 2023).
Maghfuri, Amin. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Era Reformasi (1998-2004).” In Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, , 14–26. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/614 (September 28, 2023).
Maimunah, Maimunah, and Kemas Imron Rosadi. 2021. “Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Kebijakan Politik Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1): 249–65.
Munah, Mae, Eni Suhaeni, Nas Rullah, and Asep Abdurrohman. 2022. “Dinamika Islam Di Indonesia: Kebijakan Politik Terhadap Lembaga Pendidikan Islam Pasca Merdeka-Reformasi.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 18(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/RausyanFikr/article/view/6058 (September 28, 2023).
Pramitha, Devi. 2016. “Kajian Kritis Terhadap Peraturan Menteri Agama No 2 Tahun 2012 Tentang Pengawas Madrasah Dan Pengawas PAI Pada Sekolah.” https://www.semanticscholar.org/paper/Kajian-Kritis-Terhadap-Peraturan-Menteri-Agama-No-2-Pramitha/a15c0cfc780edc6976443ce01f1faf7786d0037f (September 28, 2023).
Refika, Refika, Muntholib Muntholib, and Kemas Imron Rosadi. 2021. “Politik Dan Kebijakan Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(1): 132–42.
Saftri, Eka, and Ihsan Sa’dudin. 2019. “Aplikasi Integrasi Interkoneksi Keilmuan Di Lembaga Pendidikan Tinggi.” Tadrib 5(1): 122–37.
Toriq, Muhammad. 2018. “Pemisahan Rombongan Belajar Berbasis Gender:Studi Komparatif Hasil Belajar Kelas Laki-Laki Dan Perempuan Di Madrasah Aliyah Yajripayaman Magelang.” https://www.semanticscholar.org/paper/pemisahan-rombongan-belajar-berbasis-gender%3astudi-Toriq/1db9a1b98fb3808b0e3d924012e54d91ac4c613b (September 28, 2023).
Wahyudin, Dedy, and Lalu Muchsin Effendi. 2018. “Implementasi Integrasi-Interkoneksi Ilmu Pengetahuan Dalam Pengembangan Keilmuan Di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram: Studi Kasus Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FTK UIN Mataram.”https://www.semanticscholar.org/paper/Implementasi-integrasi-interkoneksi-ilmu-dalam-di-Wahyudin-Effendi/b6755e2fdf640a3404ab6fadc975748731aea3c7 (September 28, 2023).
Yusraini, Yusraini, As’ad As’ad, and Jamrizal Jamrizal. 2023. “Dampak Perubahan Sosial Terhadap Manajemen Pendidikan Islam Di Indonesia.” El-Ghiroh 21(1): 1–22.
Copyright (c) 2023 Supriadi Supriadi, As'ad Isma, Jamrizal Jamrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.