Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka

Keywords: Teknologi, Media Canva, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pembelajaran saat ini mengharuskan seorang pendidik untuk beradaptasi teknologi baru, terkhusus guru pendidikan agama Islam. Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan keterampilan pedagogik menciptakan pembelajaran pendidikan agama islam yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam beradaptasi teknologi digital berbasis canva terhadap pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 28 Lubuklinggau dengan menggunakan metode penelitian mixed methode. Menentukan ukuran sampel degree of variability, populasi 25 dan sampling error 5%, maka jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 20 orang. hasil menunjukkan media pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu media papan tulis interaktif sebanyak 80 %, media power point sebanyak 30%, penggunaan buku dan materi bacaan agama islam sebanyak 70% sedangkan penggunaan media canva adalah sebanyak 15 %. Sedangkan respon guru menggunakan media canva terhadap pembelajaran menunjukkan hasil sebanyak 55 % kategori cukup berkompeten dalam menggunaan media pembelajaran lainnya. sedangkan kategori rendah sebanyak 25% guru menggunakan canva. media pembelajaran canva sebagai alat peraga mempermudah menyampaikan materi pembelajaran secara efektif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa, mendukung guru mengelola modul ajar dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31
How to Cite
Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 6(2), 111-127. https://doi.org/10.37092/ej.v6i2.677
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)