Pendidikan Agama Islam Multikultural: Konsep, Nilai dan Praktiknya di Lingkungan Madrasah
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, di tengah keberagaman budaya dan agama, diperlukan pendekatan yang lebih inklusif dan multikultural. Artikel ini membahas konsep, nilai, dan praktik pendidikan agama Islam multikultural di lingkungan madrasah. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana madrasah dapat mengintegrasikan nilai-nilai multikultural ke dalam kurikulum PAI untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa penerapan pendidikan agama Islam multikultural dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memperkuat praktik pendidikan multikultural dalam pendidikan agama Islam di madrasah.
Downloads
Copyright (c) 2025 Yesi Arikarani, Suradi Suradi, Ngimadudin Ngimadudin, Yeni Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.