Pendidikan Agama Islam Multikultural: Konsep, Nilai dan Praktiknya di Lingkungan Madrasah

Authors

  • Yesi Arikarani STAI Bumi Silampari https://orcid.org/0000-0001-5860-9693
  • Suradi Suradi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Ngimadudin Ngimadudin Sekolah Tinggi Agama Islam Bumi Silampari Lubuk Linggau
  • Yeni Wulandari Harvard University, Cambridge

DOI:

https://doi.org/10.37092/ej.v7i2.993

Keywords:

pendidikan Agama Islam Multikultural; Konsep; Nilai dan Praktik di lingkungan Madrasah

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, di tengah keberagaman budaya dan agama, diperlukan pendekatan yang lebih inklusif dan multikultural. Artikel ini membahas konsep, nilai, dan praktik pendidikan agama Islam multikultural di lingkungan madrasah. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana madrasah dapat mengintegrasikan nilai-nilai multikultural ke dalam kurikulum PAI untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa penerapan pendidikan agama Islam multikultural dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memperkuat praktik pendidikan multikultural dalam pendidikan agama Islam di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Arikarani, Y., Suradi, S., Ngimadudin, N., & Wulandari, Y. (2025). Pendidikan Agama Islam Multikultural: Konsep, Nilai dan Praktiknya di Lingkungan Madrasah. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 7(2), 233–254. https://doi.org/10.37092/ej.v7i2.993

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>